Pages

Selamat Datang Di Blog Kuya
Subscribe:

Minggu, 30 Mei 2010

10 KIAT Menjaga Kesehatan Diri


Kesehatan merupakan harta yang tidak ternilai harganya. Organ tubuh yang sehat, seperti otak, mata, jantung, ginjal dan paru-paru dpat menjalankan fungsinya dengan baik, apabila organ tubuh tersebut dijaga dengan baik.
Karena itu, sangat bijaksana apabila kita selalu memelihara dan meningkatkan kondisi kesehatan kita. Kesehatan jasmani memegang peranan penting bagi seseornag agar dapat melaksanakan kegiatan hidup dan kehidu[an. Perawatan kesehatan dapat diusahakan melalui cara-cara berikut ini.
1.)    Meningkatkan kecerdasan pikiran dan kesehatan rohani, meliputi patuh kepada ajaran agama dan selalu berpikir positif.
2.)    Memelihara kebersihan meliputi badan, pakaian, rumah dan lingkungan.
3.)    Mengkonsumsi makanan dan minuman sehat, meliputi makana yang bersih, bebas dari penyakit, di proses dengan baik.
4.)    Melakukan pola hidup teratur meliputi makan, minum, tidur, bekerja dan beristirahat secara teratur, rekreasi dan menikmati hiburan pada waktunya.
5.)    Meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan jasmani meliputi vaksinasi untuk memperoleh kekebalan penyakit tertentu dan olahraga secara teratur.
6.)    Menghindari kontak langsung dengan sumber penyakit yang berasal dari penderita lain atau sumberlainnya, menghindari pergaulan yang tidak baik, dan menghindari berpikir dan berprasangka buruk.
7.)    Melengkapi rumah dengan fasilitas untuk hidup sehat.
8.)    Melakukan pemeriksaan secara rutin, meliputi kesehatan secara periodic, meskipun tidak sakit dan segera berobat/memeriksakan diri apabila merasa sakit.
9.)    Memahami bahaya dari suatu penyakit dan obat-obatan terlarang, misalnya kanker paru, penyakit jantung, ginjal, narkotika, minuman keras.
10.) Memahami lingkungan tempat tinggal, sekolah dan tempat-tempat lain yang mungkin menjadi sumber berjangkitnya suatu penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar