Pages

Selamat Datang Di Blog Kuya
Subscribe:

Minggu, 30 Mei 2010

Manfaat NANAS Bagi Tubuh Kita


                Hingga kini masyarakat belum banyak menyadari manfaat kesehatan dibalik buah Nanas yang lezat. Bahkan, tak jarang buah yang bersisik ini dituduh sebagai penyebab keputihan. Tak heranlah jika banyak perempuan enggan mengkonsumsi buah yang satu ini. Padahal, riset terkini menunjukan Nanas sarat dengan antioksidan dan fitokimia yang berkhasiat mengatasi penuaan dini, wasir, kanker, serangan jantung, dan penghalau stress.
                Nanas sebagai sumber antioksidan, sebagai salah satu family Bromeliaceae, buah Nanas mengandung vitamin C dan vitamin A (retinol) masing-masing sebesar 24,0 miligram dan 39 miligram dalam setiap 100 gram bahan. Kedua vitamin ini sudahlama dikenal memiliki aktifitas sebagai antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit, termasuk kanker, kanker koroner, dan penuaan dini.
                Aktivitas antioksidan yang diperankan vitamin A dan C mampu menghambat laju oksidasi molekuler target, yang pada gilirannya dapat menghentikan reaksi berantai pembentukan radikal bebas dalam tubuh yang di yakini sebagai dalang atau provokator berbagai penyakit. Setiap sel tubuh terkena kerusakan oksidatif. DNA yang menjadi pusat informasi genetika dapat menjadi contoh. Setiap harinya DNA terkena 10.000 pukulan oksidatif. Belum lagi molekul lain seperti lemak danprotein yang amat rentan terhadap kerusakan oksidatif.
                Tubuh manusia amat rentan terhadap pengaruh radiasi bebas yan bersumber dati sinar ultraviolet, asap kendaraan bermotor, dan bahan pengawet makanan. Radikal bebas suatu molekul atau atom yang amat tidak stabil karena memiliki satu atau lebih electron tak berpasangan, bebahaya bagi kesehatan karena amat reaktif mencari pasangan elektronnya. Jika radikal bebas sudah terbentuk dalam tubuh maka akan terjadi reaksi berantai dan menghasilkan radikal bebas baru yang akhirya jumlahnya terus bertambah. Selanjutnya, akan menyerang sel-sel tubuh sehingga terjadilah berbagai penyakit.
                Dalam keadaan normal, radikal bebas selain dibutuhkan tubuh intuk membunuh kuman, ia akan cepat dibuang. Sayangnya, jika jumlahnya banyak, dan bertemu dengan asam, lemak tak jenuh, yang ada di membrane sel, akan menyebabkan kerusakan oksidatif dan terjadilah proses penuaan dini dan bebagai macam penyakit pengikutnya. Hasil penelitian ilmiah menunjukan kandungan senyawa fenolik, antara lain, myricetin, quercitin, tyramine, dan ferulic acid yang ada didalam buah nanas mampu meredam reaksi berantai radikal bebas dalam tubuh, yang pada akhirnya dapat menekan penyakit kanker. Berbagai antioksidan alami ini diyakini amat ampuh menghentikan radikal bebas sehingga tak berkeliaran mencari asam lemat tak jenuh dalam sel.
                Hal yang sama dilakuakan vitamin antioksidan asam askorbat dan betakarotenoid yang dapat menstabilkan membran sel lensa (mata) dan mempertahankan konsentrasi glutation tereduksi. Dengan demikian, dapat mencegah reaksi oksidasi lipid pada membrane sel lensa sehingga kita dapat terhindar dari katarak. Bromelin yang secara alami ada dalam buah nanas diyakini dapat mempercepat penyembuhan luka operasi serta pembengkakan dan nyeri sendi, penderita wasir atau ambeien dianjurkan mengkonsumsi buah Nanas 4-5 kali sehari karena bromelinnya dapat mnghentikan pendarahan dan serat yang dikandung dapat memperlancar buang air besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar