Pages

Selamat Datang Di Blog Kuya
Subscribe:

Minggu, 30 Mei 2010

Siap Berkompetisi Dalam Kehidupan

     Untuk menghadapi kompetisi atau persaingan dalam kehidupan, setiap orang harus mampu menunjukan sikap dan kesungguhannya dalam meningkatkan berbagai kemampuan diri. Kemampuan diri yang perlu ditingkatkan adalah :
1.)    Kemampuan Kognitif
Kemampuan kognitif merupakan kemampuan yang berkaitan dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada dasarnya kemampuan kognitif merupakan hasil belajar atau perpaduan antra factor pembawaan dan pengaruh lingkungan. Untuk meningkatkan kemampuan konitif yang tinggi yang diperlukan tingkat inteligensi (kecerdasan) yang tinggi pula. Oleh karena itu, perlu diciptakan lingkungan belajar yang positif dan kondusi untuk mendukung kemampuan kognitif.
2.)    Kecerdasan Emosi
Emosi merupakan gejala perasaan disertai dengan perubahan atau perilaku fisik. Misalnya, seseorang merasa kecewa atau marah yang ditunjukan dengan teriakan keras, memaki-maki, atau tingkah laku yang lain. Sebaliknya seseorang merasa gembira akan melonjak-lonjak, bertepuk tangan, dan tertawa terbahak-bahak sebagai ungkapan rasa senangnya. Rasa dan perasaan merupakan suatu potensi yang khusus dimiliki oleh manusia. Manusia yang memiliki kecerdasan emosi adalah manusia yang mampu mengendalikan perasaannya secara baik. Sehingga sikap dan perilakunya tidak menunjukan penyimpangan.
3.)    Kecakapn motorik atau kemampuan psikomotor merupakan kemampuan untuk memberikan reaksi dalam bentuk gerkan-gerakan atau kegiatan. Seorang individu yang semakin dewasa, menunjukan fungsi-fungsi fisik yang semakin matang. Hal ini berarti ia akan dapat menunjukan kemampuan yang lebih baik dalam banyak hal, seperti kekuatan untuk memusatkan perhatian, koordinasi otot, kecepatan menggerakan anggota badan, dan sebagainya.
4.)    Kecerdasan Spritual
Kecerdasan spiritual adalah kecerdasan yang berkaitan dengan keagamaan, yang meliputi keyakinan seseorang terhadap ajaran-ajaran agama yang dianutnya. Kecerdasan spiritual akan terwujud dalam tindakan-tindakan seseorang dalam melaksanakan obadah, memelihara, dan mengamalkan niai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kehidupan yang penuh gejolak dan tantangan, diperlukan suatu pegangan yang kuat bagi kehidupan manusia yang mendambakan ketenangan dan ketentraman jiwa. Pegangan yang kuat itu adalah ajaran-ajaran agama yang menumbuhkan keimanan dan ketakwaan terhadap ALLAH.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar